Mengenal Apa Itu Kulit Kombinasi dan Ciri-Cirinya

Bagi kamu yang bertanya-tanya tentang apa itu kulit kombinasi, artikel ini merupakan tempat yang tepat untuk memahami combination skin dan bagaimana ciri-cirinya. Seperti yang kita tahu, setiap orang punya skin type berbeda-beda, seperti dry skin, oily skin, sensitive skin hingga combination skin.

Punya kulit tanpa masalah serta sehat tentu menjadi idaman bagi semua orang dan salah satu caranya adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Penggunaan product perawatan wajib disesuaikan dengan skin type agar manfaat yang dimiliki produk kecantikan tersebut terserap baik sesuai dengan skin type Anda.

Di bawah ini, tidak hanya membahas tentang ciri-ciri combination skin, tapi juga bagaimana cara mengatasinya agar kulit lebih sehat. Pemilihan produk dan perawatan wajah sudah seharusnya dilakukan sesuai skin type karena formula di dalamnya sudah disesuaikan dengan setiap kebutuhan kulit masing-masing orang.

Kondisi Kulit Bagian T-zone dan Pipi

Kulit T Zone

Setiap skin type punya ciri yang berbeda-beda, termasuk untuk combination skin. Kamu bisa mengetahui apa itu kulit kombinasi dengan cara ini. Kamu bisa membasuh wajah kemudian diamkan sekitar 15 menit tanpa menggunakan produk apapun. Kemudian lihatlah bagaimana keadaan kulit di T-zone dan pipi.

Seseorang yang punya jenis combination skin, maka bagian pipi akan terasa dry, sedangkan bagian T-zone terasa oily. Untuk itu, disarankan bagi kamu untuk menggunakan sabun facial wash yang ringan dan lembut. Pastikan juga sabun facial wash berbahan dasar air dan punya label soap-free.

Pemilihan Cream Wajah Harus Tepat

Cream Wajah

Bukan hanya pemilihan facial wash, tapi pemilik combination skin juga harus memperhatikan pemilihan cream wajah dengan tepat. Salah dalam memilih produk bisa menyebabkan bagian yang dry bertambah dry, begitu juga untuk bagian oily. Jadi, setelah mengetahui apa itu kulit kombinasi, kamu harus menyesuaikan pemilihan produk.

BACA JUGA:   Cara Membuat Wajah Glowing Permanen dengan Cara Aman

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa gunakan pelembap berbeda pada tiap bagian, yaitu di bagian pipi gunakan pelembap moisturizing dan di T-zone gunakan pelembap oil-free. Namun, jika kamu tidak ingin ribet dengan pakai dua cream wajah, maka kamu bisa pakai pelembap mengandung air karena cocok untuk semua bagian.

Pores Hidung Terlihat Lebih Besar

Pores Hidung

Pores besar menjadi salah satu masalah yang membuat kita kurang percaya diri karena bisa menyebabkan make up kurang maksimal. Skin type memengaruhi bagaimana kondisi pori-pori pada wajah, termasuk untuk combination skin yang biasanya punya pores lebih besar di bagian hidung, dibanding bagian lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa pakai produk perawatan wajah AHA atau BHA karena kandungan retinol di dalamnya mampu membersihkan pores hingga ke dalam. Selain itu, kandungan tersebut juga bisa membuat pori-pori terlihat lebih kecil dan menutup sehingga tidak mudah kemasukan kotoran.

Wajah Terasa Kering tapi Ada Jerawat

Jerawat

Jika kamu masih bingung dengan apa itu kulit kombinasi, maka ciri yang bisa dilihat adalah wajah terasa dry tapi muncul beberapa acne di area tertentu. Bagian yang oily dari combination skin inilah yang sering menyebabkan munculnya acne sehingga harus bisa diatasi tanpa memperparah bagian lainnya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan dua masker sekaligus dengan manfaat yang berbeda. Pilihlah masker yang berfungsi untuk menghidrasi atau melembapkan di bagian pipi, kemudian pilihlah masker untuk acne prone atau oily pada bagian T-zone agar kedua bagian ini mendapatkan manfaat yang sesuai.

Kulit Wajah Mengelupas dan Bersisik

Kulit Wajah Mengelupas dan Bersisik

Sebagian besar dari kita mungkin mengira hanya dry skin yang bisa bersisik, tapi ternyata hal ini bisa terjadi pada oily skin. Kulit mengering bisa menjadi tanda adanya jamur atau bakteri pada bagian wajah sehingga harus menggunakan krim anti jamur yang tepat untuk mengatasinya.

BACA JUGA:   Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami Tanpa Ribet

Skin type kering, bahkan hingga mengelupas atau bersisik tentu membuat riasan tidak dapat menempel dengan sempurna. Jika biasanya kondisi ini hanya terjadi pada dry skin, tapi juga bisa terjadi pada combination skin sehingga harus mendapatkan perawatan yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit Anda.

Jadi, combination skin punya ciri khas dan cara tersendiri untuk mengatasinya agar tetap sehat dan mulus. Kita wajib untuk mengenal apa skin type agar bisa punya product kecantikan serta perawatan wajah paling tepat, termasuk mengenal apa itu kulit kombinasi.