Bahaya Merokok bagi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya Merokok bagi Kesehatan yang Wajib Kamu Ketahui

Bahaya merokok bagi kesehatan seharusnya menjadi peringatan bagi kita agar bisa mengurangi bad habit ini. Cerutu mengandung racun karsinogen yang bisa menyebabkan kanker dan mengandung karbon monoksida yang berbahaya. Kedua zat ini bisa menimbulkan berbagai macam masalah untuk badan, seperti menurunkan fungsi jantung.

Sayangnya, masih banyak orang yang ketergantungan dengan cerutu, bahkan bisa menghabiskan cerutu sampai satu dus dalam sehari. Memang tidak mudah untuk terlepas dari bad habit merokok, padahal bukan hanya merugikan diri sendiri, cerutu juga dapat merugikan orang lain di sekitar atau area kita, khususnya keluarga.

Tanpa disadari, merokok membahayakan orang-orang tercinta yang ada di sekitar kita, baik itu, orang tua, anak, pasangan ataupun teman. Bahkan, risiko yang terjadi sama bahayanya dengan para perokok secara langsung. Oleh sebab itu, Kamu wajib tahu ancaman apa saja yang bisa ditimbulkan dengan merokok.

Respiratory Track Mengalami Suatu Kerusakan

Bahaya merokok bagi kesehatan pertama kali akan menyerang respiratory track sehingga terjadi penurunan daya imun raga. Infeksi dapat terjadi pada tenggorokan hingga ke paru-paru (lungs) karena racun dalam cerutu memicu timbulnya lendir dan iritasi pada respiratory track sehingga bisa menimbulkan masalah pada organ lungs.

Apabila silia sudah rusak karena asap cerutu , maka infeksi akan lebih mudah terjadi karena silia berbentuk rambut kecil yang berfungsi untuk menangkap debu. Jadi, bukan hanya silia perokok yang bisa mengalami kerusakan, tapi juga orang di sekitarnya yang terpapar asap cerutu tersebut.

Memicu Kondisi Auto Imun yang Berbahaya

Bukan hanya mengganggu saluran pernapasan, tapi Bahaya merokok bagi kesehatan juga bisa memicu kondisi autoimun. Kemampuan raga dalam melawan peradangan akan berkurang apabila raga sudah terpapar oleh komposisi racun karsinogen dan tar pada sebatang rokok, bayangkan saja jika Kamu bisa merokok hingga berbatang-batang.

Semakin terpapar dengan komposisi di dalam cerutu membuat sistem imun dalam raga terus melemah. Kondisi inilah yang bisa menyebabkan gangguan multiple sclerosis dan rheumatism sebagai jenis dari masalah autoimun. Itulah mengapa Kamu harus segera menghentikan bad habit merokok karena bisa memicu masalah kesehatan berisiko tinggi.

Jumlah Anti Bodi Jadi Berkurang

Agar jasmani lebih kebal terhadap masalah kebugaran, maka jumlah antibodi memiliki peran yang penting. Apabila jumlah antibodi dalam jasmani menurun, maka jasmani kita akan lebih mudah terserang bakteri, virus ataupun kuman penyebab masalah kebugaran serta cerutu bisa kurangi jumlah antibodi dalam jasmani.

Sebagai protein darah, antibodi berfungsi untuk kurangi jumlah bibit penyakit tertentu karena setiap orang pasti memilikinya di dalam raga. Tinggal bagaimana raga merespon keberadaan bibit penyakit tersebut, mampu melawan atau justru kalah. Habit merokok dapat menyebabkan masa penyembuhan lebih lama jika Kamu sedang sakit.

Kurangi Kadar Antioksidan dalam Tubuh

Bukan hanya mengurangi antibodi, habit merokok juga dapat kurangi kadar antioksidan yang dibutuhkan oleh raga. Vitamin C merupakan salah satu sumber dari senyawa antioksidan yang berperan sebagai penangkal radikal bebas. Senyawa ini juga berperan dalam perbaiki kerusakan organ yang terjadi.

Penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa jasmani perokok memiliki kadar antioksidan yang lebih sedikit daripada orang yang tidak merokok sehingga mereka lebih rentan mengalami penyakit kronis. Selain itu, raga yang kekurangan senyawa antioksidan akibat Bahaya merokok bagi kesehatan akan menjalani proses penyembuhan yang lebih lama.

Tingkatkan Leukosit di dalam Tubuh

Leukosit memang bermanfaat untuk jasmani, tapi jika jumlahnya berlebihan tentu tidak baik untuk kebugaran. Kondisi inilah yang terjadi pada perokok karena terjadi kerusakan dan peradangan hingga meningkatkan kadar leukosit. Akhirnya, raga menjadi kurang responsif terhadap agen penyakit yang masuk dalam badan.

Apabila raga sudah tidak responsif terhadap agen penyakit, maka ketika ada kuman, bakteri atau virus yang masuk, leukosit tidak memandangnya sebagai ancaman. Akhirnya, penyakit pun bisa muncul dengan mudah. Itulah mengapa Kamu harus segera menghentikan perilaku yang merugikan bagi banyak orang ini.

Jadi, bagi Kamu yang tidak ingin mengalami berbagai ancaman di atas, sudah seharusnya Kamu menjauhi perbuatan merokok mulai sekarang juga. Tidak mudah memang, tapi ada berbagai upaya yang bisa dilakukan agar bisa terlepas dari ketergantungan cerutu, salah satunya adalah mendalami Bahaya merokok bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *